SKS vs Paket


Sistem Kredit Semester. Semua mahasiswa pasti akrab dengan istilah ini. Di kampus saya, satu semester maksimal bisa mengambil 24 SKS. 1 SKS berarti 50 menit tatap muka, 50 menit tugas terstruktur, dan 50 menit tugas mandiri. Hanya saja, yang lebih diingat hanya 50 menit tatap muka. Karena, hanya bagian itu saja yang dimintai pertanggungjawaban berupa tanda tangan 😉

Berbeda dengan SKS, sistem paket berarti dalam satu semester sudah ada serangkaian mata kuliah yang harus diambil. Sedihnya, kita tidak bisa memilih mata kuliah mana yang ingin dan mana kuliah mana yang tidak ingin diambil. Semuanya harus diambil sesuai prosedur. Mirip sekolah dulu. Hanya saja, jika nilainya tidak mencukupi untuk lulus, tersedia kesempatan untuk remidi. Tiak usah mengulang mata kuliah di semester selanjutnya.

Di kampus saya (maaf jika berkali-kali berkata kampus saya, karena saya belum pernah kuliah di kampus anda :), tahun ajaran 2012, sistem perkuliahan diubah. Tidak lagi dengan SKS tetapi sistem paket. Adik angkatan 2012 tidak lagi memilih mata kuliah, tidak lagi ikut UTS ataupun UAS. Hanya saja tugasnya beruntun di tiap minggu dan remidialnya banyak. Senangnya tidak ada istilah mahasiswa tua ngulang sekelas dengan MABA (saya :p).

Katanya, sistem ini diberlakukan karena rataan kelulusan fakultas saya masih begitu lama. Lima tahun sepuluh bulan. Yaaa.. gara-gara mahasiswa seperti saya ini yang sudah semester sembilan dan tak segera lulus.

Katanya, sistem paket ini akan membuat mereka (angkatan 2012) lulus tepat waktu dan bersamaan. Sepeti sekolah dulu..

Padahal… Di SMA adik saya, kelas X yang masuk tahun 2012 ini menggunakan SKS. Berkebalikan!

Wuahhh… saya jadi bingung, seharusnya sistem perkuliahan itu seperti apa tho?   -_-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s