Romantic-Comedy Drama?


After a long time not being able to review anything, akhirnya saya bisa (mengumpulkan tekad untuk) mereview drama kocak yang sudah saya tonton ini. Bahagianyaa~ XD

Sejujurnya, saya tidak suka drama dengan genre romantic-comedy. Drama keluarga, aksi, dan perang yang dinamis atau sedih berlinang air mata lebih saya sukai. Kenapa? Karena drama rom-com biasanya (atau memang pakemnya?) punya cerita yang lovey-dovey ala orang kasmaran yang bikin ieuhh gitu *ceritanya lagi nyinyir padahal baper 😜

Akan tetapi, dua drama (jepang) rom-com yang saya tonton ini agak anomali. Ga lovey-dovey sama sekali, walaupun ga bikin iri dan nyinyir, tetap saja bikin baper. Hawa “I feel you”nya terlalu pekat 😁

So, this is it, dua rom-com asyik yang saya tonton serta sukses bikin baper dan hati berasa bolong (apalagi pas nulis post ini di kereta, pasangan muda yang sedang hamil di depan saya tampak lovey-dovey sekali) *alah..

Hayako Sensei: Kekkon Surutte Hontou desuka?

Dari judul drama ini, “I feel you” mode langsung on. Pekat dan spontan. Secara literasi, judul drama ini adalah “Bu Guru Hayako: Benarkah (Bu Guru) akan menikah?” (cmiiw).

Sebagai guru yang sering di ‘teror’ dengan pertanyaan “Ustazah, kapan rencananya mau nikah?”, “Saya diundang dong kalau Ustazah nikah”, dan pertanyaan setali tiga uang dari murid saya yang padahal bukan di musim lebaran, drama ini langsung berlabuh di muara hati saya #hueks.

Drama ini bercerita tentang Tatsuki Hayako, guru SD berusia 34 tahun, yang mulai terganggu dengan statusnya yang lajang. Sebetulnya, Hayako sensei belum memikirkan menikah sama sekali. Ia sangat menyukai dan sangat fokus dengan pekerjaannya. Keluarga yang nyaman dan orang tuanya yang tidak menekan. Akan tetapi saat ayahnya jatuh sakit karena lelah bekerja (bukan penyakit parah yang hampir mati ala sinetron), ide tentang menikah muncul dalam benaknya.

Nah, petualangan mencari jodoh inilah yang seru dalam drama ini. Kocak, real, persahabatan ala josei sekali, dan berasa akuuu banget.

Mulai mengiyakan tawaran omiai (perjodohan) dari tetangganya, mengikuti goukon (blind date tapi berkelompok, biasanya diartikan apa saya lupa), kemudian membuat genk dengan nama aliansi pernikahan (Marriage Alliance) dengan teman sejawatnya.

Proses menemukan pasangan hidup yang berliku, persahabatan yang heart-warming sekali, dan pergolakan batin Hayako sensei ini sangat mencerahkan (alay mode:on) bagi saya. Menyenangkan sekali menontonnya.

Drama ini cukup jadi obat penawar kegalauan ala josei macam saya. Sikap tulus, penuh cinta, dan tanpa pretensi dari Hayako sensei sungguh menentramkan. Meskipun usia sudah makin menua, bukan berarti kita akan menikah dengan siapapun kan? Good luck dengan kehidupan percintaanmu, Sensei~ Wish me luck too.. πŸ˜„

Date: Koi to wa Donna Mono Kashira

Berbeda dengan drama sebelumnya, drama ini terlalu kocak jika disebut drama romantis tapi isinya kisah percintaan jadi, mau tidak mau harus disebut drama romantis #maksa πŸ˜‚

Drama ini bercerita tentang dua orang aneh mencari cinta. Yabushita Yoriko, pegawai negeri berusia 29 tahun dengan kemampuan bergaul dan interpersonalnya yang dibawah rata-rata tetapi punya inteligensi yang superior. Kemudian Taniguchi Takumi, lelaki berusia hampir 40 tahun, berpendidikan tinggi, namun hikikomori (menghindari hubungan sosial dengan mengurung diri) alih-alih berubah justru menobatkan diri sebagai intellectual idle yang bergantung pada bantuan ibunya.

Disini lah proses perjodohan mereka yang unik terjadi. Keduanya adalah orang yang awam dengan masalah percintaan, kikuk dengan lawan jenis, memiliki kemampuan interpersonal yang kurang, dan tidak memiliki pemahaman yang jamak mengenai cinta. Koocaak sekali melihat proses PDKT dan kencan yang mereka lakukan.

Apa hikmah yang saya dapat? Drama yang kocak dan menghibur πŸ˜†πŸ˜„

Drama ini total menghibur dan menjadi trigger pemantik proses berpikir yang lebih dalam, “apa itu cinta”, “mengapa menikah”, “pernikahan seperti apa yang sebaiknya dibina”. Brainstorming yang sangat filosofis akan terjadi dalam benakmu yang (tidak pernah) damai ini.

Jadi, drama mana yang ingin kau tonton, hai lajang galau 😁. Semoga segera menemukan jodohmu, saya pun begitu..

Bila kau tak menemukan cinta, biar cinta menemukanmu (Assalamu’alaikum, Beijing mode on). #ihirrr~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s